<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d12839722\x26blogName\x3dbelajar+pada+alam+~+berbagi+pada+sesama\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://dipterocarpa.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://dipterocarpa.blogspot.com/\x26vt\x3d4694180333006567449', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Remaja Cinta Lingkungan

5.13.2005

Cinta lingkungan butuh lebih dari sekedar niat. Memang ikut organisasi pecinta alam atau jadi donator kelompok cinta lingkungan bisa menunjukkan kalo kita memang respek dengan kondisi alam yang makin kritis. Tapi yang lebih penting adalah prakteknya. Sebenarnya nggak susah, hanya butuh kedisiplinan kita aja. Jadi kalo sudah ada niat, boleh deh dicoba usaha-usaha ini :

- Tunjukkan kecintaan kita terhadap air dengan memakainya sehemat mungkin. Mandi dengan shower lebih bagus ketimbang memakai bak atau bath up, karena air yang dipakai hanya yang diperlukan saja.

- Lihat dan hitung deh berapa banyak pohon yang kita tanam di taman atau kebon rumah? Semakin banyak pohon semakin bagus. Pohon selain dapat menyimpan air di dalam tanah juga bisa menyaring polusi udara karena asap mobil dan menghasilkan gas oksigen lebih banyak.

- Hemat kertas. Ini paling mudah banget. Dengan menghemat pemakaian kertas berarti kita juga mengurangi jumlah pohon yang musti ditebang buat bahan dasar kertas. Coba deh untuk mulai menggunakan kertas dari bahan daur ulang. Kalau bisa gunakan kertas secara bolak-balik. Bayangkan berapa kertas yang bisa dihemat kalau kita mencetak 20 halaman.

- Pilih bahan ramah lingkungan. Sikap protes kita kepada para pabrik yang menghasilkan limbah bisa disalurkan lewat pemilihan barang yang kita pakai. Tinggal cek saja di kardus apakah produk tersebut mengandung freon (lemari es, ac), busa limbahnya sulit terurai oleh alam (sabun, shampo) atau memakai hewan yang sudah hampir punah (obat, baju, kosmetik). Nah kalo iya, gak usah bingung, tinggalkan saja dan pilih produk lain.

Pengirim : dedi
link: http://www.sekolahindonesia.com/sidev/mading/mading.asp?iid_mading=27&iid_Sekolah=1
_

Bookmark this post to del.icio.us Digg this post! Bookmark this post to Yahoo! My Web Bookmark this post to Furl
  1. Anonymous Anonymous | 10/3/06 04:31 |  

    setuju sekali dengan upaya - upaya tersebut. saya pengen tambahin bahwa sekarang kelihatannya balik ke alam akan jadi tradisi lagi tuh..coba aja perhatikan sudah ada kelompok di jakarta ayng mengenalkan bike to work...sepedaan ke tempat kerja..malah ternyata lebih cepat, hemat, sehat dan banyak untungnya.
    sekarang mumpung jaman canggih..usul..hendaknya skripsi dan lain - lain ayng bentuknya pakai buku tebal di ganti saja dengan CD room...sangat menghemat. kita lebih pintar tehnologi dan bisa mengurangi pemakaian kertas...
    ok...greenrescue@yahoo.com

  2. Blogger Eddy Syahrizal | 14/6/08 17:49 |  

    saya sangat tertarik dengan tulisan-tulisan yang ada dan blog bapak.bisa tidak kita link blog dan bertemu dalam diskusi yang lebih hangat. salam hangat dari saya
    Eddy Syahrizal

  3. Anonymous Anonymous | 14/6/08 19:08 |  

    makasih,
    ini bukan tulisan saya, dan sudah tidak lagi saya update.

    blog saya: http://timpakul.hijaubiru.org

    salam

  4. Anonymous Anonymous | 4/1/09 22:43 |  

    membudidayakan kecintaan terhadap lingkungan memang di haruskan sejak dini apa lagi dijadikan kurikulum dalam pendidikan sekolah saya setuju…ngomong 2 kenjungi blog saya sebagai wujud kepedulian saya terhadap bumi dan berikan komentarnya….. saya tunggu
    teknisikomputer.blog.telkomspeedy.com

  5. Blogger Petrus Siahaan | 2/9/13 20:17 |  

    Tingkatkan Budaya Cinta Lingkungan http://bit.ly/voteira

Leave your response